»» SolidTrustPay Wajib Bagi Anda Pebisnis Online ««


»» SolidTrustPay must for your online business ««

▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
»» WELCOME to DOFOLLOW BLOGs "17 January 2012"««
»» Computer & Software Technology Sharing Information««
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
  • Langkah Install Ubuntu 11.04 via USB or CD

    Langkah Mudah Cara Install Ubuntu 11.04 via USB or CD ( How to install ubuntu )

    Jika anda pertama kali melakukan install Linux maka instalasi Ubuntu saat ini menjadi hal yang sangat mudah dan tidak diperlukan keahlian khusus. Disini akan dibuat langkah-langkah memulai instalasi Ubuntu dari Ubuntu 11.04 atau Natty Narwhal (kode nama) adalah penerus /lanjutan dari Ubuntu 10.10 (Lucid Lynx), dengan banyak perbaikan yang besar pada user interface dan interaksi (itu lebih mudah, cepat dan lebih lengkap feature dibanding versi sebelumnya).

    Pada Ubuntu 11.04 Desktop beberapa fitur yang telah ditambahkan - misalnya Ubuntu Software Center kini peringkat (dalam hal bintang) dan ulasan (dalam bentuk komentar) tersedia untuk setiap aplikasi, Windows opsi telah bergeser ke panel (atas), yang muncul pada mouse Hover ... dan seterusnya. Ubuntu kini telah menjadi distribusi Linux paling populer di kalangan pengguna desktop. Software ini open source, gratis, user friendly, cepat dan cukup menyenangkan.

    11.04 ubuntu dapat diinstal dalam banyak cara - Anda dapat menginstalnya dari USB (Universal Serial Bus) atau CD (atau Anda hanya dapat boot sistem anda dari Live CD / flashdisk tanpa mempengaruhi sistem operasi yang ada pada komputer Anda). Dalam posting ini, saya akan membahas kedua metode - langkah demi langkah dengan penjelasan lengkap - menginstal Ubuntu dari USB serta dari CD / DVD. Panduan ini akan membantu Anda dalam menginstal Ubuntu secara paralel dengan OS lainnya seperti Windows 7, jika Anda ingin hanya Ubuntu, maka jauh lebih mudah, tapi tidak dianjurkan jika Anda bermain banyak aplikasi atau Anda menggunakan beberapa software yang terikat dengan windows misal photoshop CS5.


    Instalasi Ubuntu 11.04 dari USB Drive

    Langkah # 1: Download ISO Image dari situs resmi itu. Pilih arsitektur yang benar dan download file iso.
    Download Ubuntu 11.04 Stable Version

    Langkah # 2: Membuat bootable USB menggunakan USB Universal Installer (aplikasi jendela yang akan membuat USB bootable / live dari file ISO distro Linux, mendukung sejumlah distro Linux termasuk Ubuntu 11.04).

    Pertama, Ambil Installer USB dan jalankan pada Windows XP atau Win 7 anda.

    - Gambar usb-installer1






    Pilih Ubuntu 11.04 di menu Source Disk Image Distribusi Linux dan browse File ISO (Anda mendapatkannya pada langkah # 1), meskipun dalam kebanyakan kasus itu secara otomatis akan mendeteksi itu. Sekarang, pilih USB Drive, yang ingin membuat bootable, periksa opsi format jika Anda belum diformat. Kemudian klik tombol Make Startup Disk untuk memulai proses... menunggu beberapa menit sampai proses instalasi selesai.

    Gambar - usb-installer2




    Atau

    Kedua, jika anda sebelumnya sudah memiliki Ubuntu bisa menggunakan Startup-disk-creator

    - Gambar Startup Disk Creator
    >



    Langkah #3: Sekarang restart komputer anda dan boot dari USB (Jika ada masalah kemudian Ubah pengaturan BIOS untuk mengaktifkan USB boot atau mengubah urutan prioritas ..). Kemudian pilih - menginstal Ubuntu ke hard drive Anda dari menu boot atau klik pada 'menginstal Ubuntu' setelah boot dari USB. Sekarang banyak screenshot (Bahwa aku telah diambil selama tahap instalasi) akan membantu Anda -

    - Gambar Welcome Ubuntu




    Setelah memilih bahasa, klik tombol Forward. Pada jendela berikutnya, Anda akan diminta untuk memastikan bahwa - sistem anda memenuhi persyaratan minimum - seperti 4.4 Drive ruang GB, dan itu dianjurkan untuk memiliki Koneksi Internet (Lebih disukai kabel, nirkabel mungkin akan bekerja, tetapi harus diuji dulu) selama instalasi (jadi bahwa hal itu dapat men-download paket yang diperlukan dan update - namun ini hanya optional saja)

    - Gambar Requirements-ubuntu




    Langkah #4: Sekarang ini adalah langkah yang paling kritis, di mana kebanyakan orang merasa sulit dalam berurusan dengan Ubuntu atau distro Linux lainnya. Bahkan beberapa kasus banyak yang salah dalam memformat partisi hardisknya sehingga data Kantor atau Laporan gaji karyawan bulan depan ikut terformat :)

    - Gambar alocating-drive-ubuntu




    Jika Anda belum menginstal versi lain dari Ubuntu maka Anda akan mendapatkan hanya dua pilihan -

    Opsi - 1: Semuanya Menghapus dan Instal ulang - itu akan menghapus segala sesuatu (semua data / file dan OS lainnya seperti Windows 7) dan menginstal ulang Ubuntu 11.04 pada hard drive Anda. Jika Anda memilih pilihan ini maka anda dapat melewati beberapa langkah, meskipun tidak dianjurkan, lebih baik pergi untuk opsi kedua.

    Opsi - 2: Something Else / Partisi Lanjutan - itu tidak begitu sulit. Tidak ada file akan dihapus dan jika Anda menggunakan Windows 7 dan ingin menggunakan Windows dan Ubuntu secara paralel, maka ini adalah pilihan yang benar untuk Anda. Bila Anda memilih opsi 2 ini,

    - Gambar drive-partition-ubuntu




    Sekarang pilih hard drive (jika Anda memiliki lebih dari satu), maka partisi, di mana Anda ingin menginstal. Setelah memilih partisi, un-allocate/delete pertama, kemudian pilih bahwa ruang bebas dan klik Tambah. Kemudian tentukan rincian seperti -

    Partisi Jenis - 'Utama'
    Sistem File - 'ext4'
    Gunung Point - '/'
    Awal

    - Gambar drive-partition-ubuntu-1104




    Kemudian klik pada 'Install Now' tombol untuk melanjutkan.

    Langkah #5: Sekarang Masukkan beberapa informasi dasar selama prosedur instalasi dan tekan tombol Teruskan. Geo-grafis Lokasi Anda - Pilih negara Anda dari Peta.

    - Gambar select-region-installing-ubuntu



    Pilih Peta pulau jawa, Jakarta. Kemudian, pilih Layout keyboard, biarkan default jika Anda tidak yakin.

    - Gambar select-keyboard-layout-ubuntu




    Kemudian Masukkan beberapa informasi dasar seperti - Nama Anda, Nama Komputer, Informasi Login (Username, dan Password).

    - Gambar login-information-ubuntu




    Kemudian relaks (atau Anda bisa melewati beberapa paket bahasa selama proses instalasi untuk mengurangi waktu instalasi) sampai instalasi selesai.

    Langkah #6: Selesai. Apakah Anda mengharapkan langkah lagi #7 lagi ?, maaf mengecewakan Anda ... Restart komputer.

    Berikut ini adalah snapshot dari Ubuntu diinstal Segar 11.04 (Jika Anda tidak menyukai kesatuan desktop default kemudian beralih ke GNOME dalam jendela login) -

    - Gambar ubuntu-11-04-snapshot1




    - Gambar ubuntu-11-04-snapshot-classics





    Instalasi Ubuntu 11.04 dari CD

    Prosedur sama seperti dijelaskan di atas, hanya melewatkan langkah 2, 3 dan 4, bedanya dengan membakar (burning) file ISO ke CD atau DVD dan restart komputer Anda. Kemudian ikuti langkah 4 dan 5 seperti dijelaskan di atas.

    Jika Anda memiliki masalah saat instalasi, beritahukan ke saya dengan balas melalui kotak komentar.

    Have Fun! dengan Ubuntu 11.04 dan Rasakan Bedannya.

    Disadur ulang dari sumber :
    http://blog.sudobits.com/2011/04/23/how-to-install-ubuntu-11-04-from-usb-or-cd/

    Berlangganan TambelanBlog secara GRATIS:
    Jika ini adalah kunjungan pertama Anda di TambelanBlog dan Anda ingin mendapatkan update tips-tips gratis, murah meriah tanpa mengeluarkan uang lewat blog ini secara gratis setiap minggunya, silahkan berlangganan artikel-artikel TambelanBlog melalui email Anda hanya dengan mengisi form berlangganan dibawah ini. Good luck and happy blogging!
    Masukkan Email Anda Disini:


    Delivered by FeedBurner

    If this usefull please Visit to Our-Fans-PAGE Take your times less 5 minutes to review my Blogs. Thanks
    Review tambelan.blogspot.com on alexa.com

12 komentar:

  1. adibey says:

    thank infonya sob, kapan2 mu coba ubuntu, skarang nih masih binun mengoperasikny..heee

  1. Alifia says:

    Iya sob @adibey, saya juga awalnya coba-coba. Ternyata lebih enak dan mudah. Lebih stabil dibanding Windows yang banyak memakan Resources memory ... ... ...

  1. prestisho says:

    Tertarik juga untuk mencoba ubuntu terbaru ini versi 11.04 Apalagi terlihat familiar. Thanks ya mas ... ditunggu artikel lainnya.

  1. info dan tutornya menarik, bermanfaat dan lengkap, mesti dicoba...thanks sob

  1. Anonymous says:

    salam… lps download ubuntu 11:40…dan da burn file ISO ke lam CD….
    then nk try ubuntu ni kt lam USB dlu….
    sy nk tanya mcm mne nk (pastikan boot sequence telah ditetapkan supaya komputer boleh boot dari CD)…..??
    lagi satu sesuai tak utk install pada laptop sy punya RAM…?
    di bwh ialah link screenshot system properties laptop sy…hrap dpat membantu…

    file://localhost/C:/Users/Acer/Desktop/acer.png

  1. TambelanBlog says:

    Bro @anonym: pastikan masuk ke Boot menu dan pilih menu sequence = first boot is USB

  1. mas sy ngnstal via CD. nah itu hanya sampai pilih bahasa restart lagi tuh.. tp temen sya yang instal pake FD lancar jaya.. knpa itu ya??

  1. Alifia says:

    @Rizal Adi Saputra : Ada beberapa kasus yang dapat menyebabkan hal seperti yang mas alami tersebut 1> Source CD atau File ISO yang digunakan ada kemungkinanan Rusak atau corrupt, 2>Ada beberapa Kasus karena Jenis Processor core i3 atau i5 mengalami kegagalan install namun tidak semuanya.

    Solusi :
    1. Coba Burning Ulang CD dari Source yang Komplit ISO.nya
    2. Coba gunakan alternatif instalasi menggunakan jalur USB Flashdisk

    Semoga dapat membantu,
    TambelanBlog

  1. Dapur Palma says:

    Nice inpo, sangat bermanfaat..
    mungkin kita bisa bertuker informasi atau backlink.. :D

    http://www.freebacklink.us/

  1. Unknown says:

    Flashdisk Custom Murah Ghuswara Indo-Rubber is a creative rubber (Rubber) industry in Bandung engaged in manufacturing custom rubber products, such as custom rubber flash, flash rubber bands, rubber bands, rubber keychains, rubber coasters, rubber refrigerator magnets, coasters rubber, luggage rubber tags, rubber labels and rubber pins. We have experienced pursue the field of accessories business

Leave a Reply

Penting Menurut Anda ? Bantu Sebarkan ...
  • Share
  • [i]
Warning :
This articles is the property of http://www.tambelanblog.com
Copying and publishing any articles from our site to your websites is strictly NOT allowed


Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

#################################################


.::Latest Comments

Recent Comments Widget

.::Search On This Blog

.::About us : Do Follow Blog !!

TambelanBlog, Care to Shared Do Follow Blog

.::Media

.::Translate This Page

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

.::Subscribe Now For Free

Our Readers

Your email here

Received Update for FREE:

Delivered by FeedBurner

.::Be My Circles

.::Popular Post by Readers

.::Follower to be Followed!

.::First Class Exchange Link!